Wednesday, December 23, 2015

10 tanda dihidapi penyakit ginjal

Sekarang ini, lebih dari 26 juta orang dewasa di Amerika hidup dengan penyakit ginjal. Mirisnya, umumnya dari mereka awalannya tak mengetahui hal semacam ini. Lebih dari 90 % penderita ginjal tak menyadari bakal tanda­tandanya. Satu­-satunya cara untuk tahu secara pasti apakah Anda mempunyai penyakit ginjal atau tak, yaitu dengan melakukan pemeriksaan ke dokter.
Namun masalahnya, penyakit ini tak menunjukkan tanda-tanda sampai benar­benar telah kronis, seperti telah terjadi gagal ginjal atau ada sejumlah besar protein didalam urine. Serta kebanyakan orang, bakal pergi ke dokter bila mereka telah merasakan sakit di tubuhnya.
Lalu, bagaimana caranya terbaik untuk mengatasinya? Sesungguhnya, ada beberapa tanda­tanda di tubuh Anda yang dapat dilihat. Tersebut tanda­tanda di tubuh yang bisa jadi indikasi Anda menderita penyakit ginjal.
1. Sering merasa lelah, kurang daya serta sulit berkonsentrasi.
Penurunan berat badan pada fungsi ginjal bisa mengakibatkan penumpukan racun serta kotoran dalam darah. Hal semacam ini bisa menyebabkan Anda gampang capek, lemah serta susah berkonsentrasi. Komplikasi lain dari penyakit ginjal yaitu anemia, yang juga dapat menyebabkan kelelahan serta lemah.
2. Anda alami kesulitan untuk tidur.
Saat ginjal tak menyaring dengan benar, racun bakal mengendap didalam darah serta bakal meninggalkan tubuh melalui u**ne. Hal inilah yang mengakibatkan Anda sulit untuk tidur.
3. Kulit kering serta gatal.
Kulit kering serta gatal bisa jadi tanda penyakit mineral serta tulang yang sering mengikuti penyakit ginjal. Kondisi itu terjadi karena ginjal tak akan dapat menjaga keseimbangan mineral serta nutrisi dalam darah.
4. Sering buang air kecil.
Jika Anda sering buang air kecil, terlebih pada malam hari, ini dapat jadi sinyal penyakit ginjal. Saat filter ginjal rusak, bisa mengakibatkan peningkatan dorongan  untuk buang air kecil. Namun, sering buang air kecil juga bisa jadi tanda infeksi saluran ke*ih atau pembesaran prostat pada pria.
5. Ada darah dalam u**ne Anda.
Jika ginjal rusak, sel­sel darah dapat ‘bocor’ serta keluar melalui u**ne. Selain tanda penyakit ginjal, darah dalam u**ne dapat juga jadi indikasi tumor, batu ginjal atau infeksi.
6. U**ne Anda berbusa.
Gelembung berlebihan dalam u**ne, tunjukkan ada protein dalam u**ne.
7. Bengkak terus­menerus di sekitar mata.
Bengkak di sekitar mata disebabkan karena ginjal Anda sudah bocor serta ada sejumlah besar protein dalam u**ne.
8. Bengkak di kaki.
Fungsi ginjal yang menurun bisa mengakibatkan retensi natrium, yang menyebabkan terjadinya pembengkakan di kaki serta pergelangan kaki. Namun, pembengkakan di kaki juga bisa jadi tanda penyakit jantung, hati, serta masalah kaki vena kronis.
9. Nafsu makan menurun drastis.
Ini adalah gejala yang paling umum, penumpukan racun yang dihasilkan dari penurunan manfaat ginjal juga dapat jadi salah satu penyebabnya.
10. Kram pada otot.
Ketidakseimbangan elektrolit serta kram bisa disebabkan oleh masalah fungsi ginjal.
Jika Anda lakukan pemeriksaan ke dokter, pastikan untuk mengatakan semua tanda-tanda yang Anda alami pada praktisi kesehatan Anda. Jika Anda berisikio menderita penyakit ginjal, biasanya Anda bakal disuruh untuk melakukan tes u**ne (ACR) serta tes darah (eGFR).
Sumber : Home Healthy Recipes

No comments:

Post a Comment