Sunday, December 20, 2015

Lidah berwarna

Lidah yang memiliki fungsi utama sebagai indera pengecap ini nyatanya juga bisa memberi petunjuk apakah seorang menderita penyakit tertentu. Jenis penyakit yang dapat diintip melalui lidah bahkan cukup bermacam, mulai dari alergi, demam, sakit kepala, hingga si***is.
Seperti ditulis Daily Mail serta Healthfoodteam, lidah yang sehat mempunyai warna merah muda, bersih, serta diselimuti papillae yang mengandung indera pengecap atau perasa.
Lidah yang meradang, merah, hitam, atau berwarna putih, dapat menunjukkan adanya masalah kesehatan seperti sariawan. Sedangkan lidah yang terlihat bengkak biasanya disebabkan karena reaksi alergi.
Lidah berwarna merah dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin B12. Penyakit Kawasaki (penyakit yang dapat mengakibatkan inflamasi pada dinding pembuluh darah di semua tubuh) serta demam berdarah juga mempunyai tanda patognomonik lidah merah.
Lidah berwarna putih atau dengan dengan bintik-bintik putih. Ini mungkin saja salah satu tanda yang paling umum bahwa ada suatu hal yang tidak beres dalam tubuh Anda. Lidah putih seringkali disebabkan oleh sariawan mulut serta infeksi jamur tidak terkontrol pada pasien H*V.
Lidah berwarna hitam serta berbulu. Biasanya yaitu efek samping yang merugikan dari minum antibiotik oral. Oleh karenanya, penting bahwa kita kerap mengecek mulut terlebih ketika minum antibiotik oral untuk waktu yang cukup lama.
Dalam beberapa masalah, lidah yg tidak sehat menunjukkan bahwa Anda perlu merubah gaya hidup Anda. Misalnya, bila Anda rentan pada sariawan, diet Anda harus rendah gula serta karbohidrat. Juga, jika sering alami sariawan, Anda mungkin harus membatasi konsumsi makanan Anda yang rendah asam serta lemak.
Hal semacam ini penting untuk menyembuhkan lidah Anda sebagai bagian lain dari tubuh Anda yang memerlukan perhatian spesial. Hal terbaik yaitu bahwa setiap saat Anda menyikat gigi Anda, perhatikan untuk berhenti, melihat serta menilai lidah Anda serta janganlah lupa untuk menyapu lantai lidah Anda untuk menghilangkan gula serta bakteri yang mungkin saja bakal bergolak pada papila.
Ada galur panjang pada permukaan lidah pada umumnya adalah sinyal penyakit menular se****l, si***is. Bila Anda merasakan borok atau luka di lidah, waspadai penyakit Crohns atau penyakit pencernaan.
Kekurangan zat gizi spesifik juga bisa bikin kondisi lidah berubah. Lidah yang terlihat lebih ” berdaging serta lembut ” adalah gejala Anda kekurangan vitamin B12, zat besi atau asam folat.
Luka kecil di lidah, ada benjolan, atau perdarahan yg tidak terang penyebabnya, bisa jadi gejala adanya kanker.

No comments:

Post a Comment