Pendahuluan
Zakat Fitrah merupakan kewajipan fardhu ain ke atas setiap orang Islam. Kewajipan yang dilaksanakan di bulan Ramadhan ini bertujuan membersih dan menyucikan jiwa mereka yang berpuasa daripada perkara yang sia-sia dan seterusnya bayaran fitrah tersebut dapat digunakan untuk membantu fakir dan miskin membuat persiapan menyambut Hari Raya.
Inilah di antara keindahan Islam di sebalik pensyariatan sesuatu ibadah
kepada penganutnya. Sesungguhnya peranan zakat dalam membina sosio ekonomi dan
sosial masyarakat Islam amatlah penting dan mesti dihayati sepenuhnya oleh
setiap muslim.
Kefardhuan Zakat Fitrah
Takrif Zakat Fitrah
Zakat dari segi bahasa bermaksud bersih, suci, subur dan berkembang.Zakat Fitrah bermaksud zakat diri yang diwajibkan ke atas setiap individu muslim lelaki dan perempuan dalam bulan Ramadhan mengikut syarat-syarat yang ditetapkan.
Zakat Fitrah difardhukan pada tahun kedua hijriah iaitu pada tahun yang
sama difardhukan kewajipan puasa Ramadhan.
Dalil- dalil yang menunjukkan kewajipan ini adalah sebagaimana ayat Al
Quran dan hadith-hadith berikut :
Firman Allah dalam surah Al-Baqarah ayat 43 :
Maksudnya : Dan dirikanlah kamu akan sembahyang dan tunaikanlah zakat
dan rukuklah kamu bersama-sama orang yang rukuk.
Daripada Ibnu Umar : Sesungguhnya Rasulullah s.a.w telah memfardhukan
Zakat Fitrah pada bulan Ramadhan dengan kadar satu gantang daripada tamar atau
satu gantang daripada gandum ke atas setiap yang merdeka dan hamba, lelaki dan
perempuan di kalangan orang-orang Islam.
Daripada Ibn Said berkata : Sesungguhnya kami mengeluarkan zakat fitrah
pada masa kami bersama Rasulullah s.a.w satu gantang daripada makanan atau satu
gantang daripada kurma atau satu gantang daripada gandum atau satu gantang
daripada anggur kering atau satu gantang daripada susu masam. Dan aku
mengeluarkan zakat ini sebagaimana aku mengeluarkannya sebelum ini.
Daripada Ibn Abbas berkata : Rasulullah s.a.w memfardhukan zakat fitrah
supaya dengannya membersihkan jiwa orang yang berpuasa daripada perkara yang
sia-sia dan … dan memberi makan kepada orang-orang miskin. Barangsiapa yang
menunaikannya (zakat fitrah) sebelum solat hari raya maka ia adalah zakat yang
diterima dan barangsiapa yang menunaikannya selepas solat hari raya maka ia
adalah sedeqah seperti sedeqah-sedeqah yang lain.
Hukum Zakat Fitrah
Mengeluarkan Zakat Fitrah hukumnya adalah wajib ke atas setiap orang Islam yang merdeka dan mampu mengeluarkannya pada waktunya.Orang Islam adalah meliputi golongan tua dan muda, lelaki atau perempuan dan berakal atau tidak.
Fadhilat Mengeluarkan Zakat Fitrah
1. Menampung kekurangan semasa berpuasa.
Maksudnya : Berkata Waki’ bin al Jarah : Zakat Fitrah di dalam bulan
Ramadhan seperti sujud sahwi di dalam solat, menampung kekurangan berpuasa
sebagaimana sujud sahwi menampung kekurangan dalam sembahyang.
2. Membantu fakir dan miskin pada Hari Raya.
Maksudnya : Daripada Ibn Umar, bersabda Rasulullah s.a.w : Kayakanlah
mereka (fakir miskin) daripada meminta-minta pada hari ini (Hari Raya).
Syarat- Syarat Wajib Zakat Fitrah
1. Islam dan merdeka.
2. Mempunyai harta yang lebih daripada keperluan perbelanjaannya untuk dirinya
dan orang-orang di bawah tanggungannya pada hari raya dan malamnya.
3. Wajib Zakat Fitrah ialah apabila terbenam matahari pada akhir
Ramadhan.
Sehubungan itu tidak wajib zakat Fitrah ke atas orang-orang berikut:
1. Orang yang mati sebelum terbenam matahari pada akhir Ramadhan.
2. Anak yang lahir selepas terbenam akhir Ramadhan.
3. Orang yang memeluk agama Islam sesudah terbenam matahari pada akhir
Ramadhan.
4. Tanggungan isteri yang dinikahi selepas terbenam matahari pada akhir
Ramadhan.
Waktu Mengeluarkan Zakat Fitrah
1. Waktu Harus – iaitu bermula dari awal bulan Ramadhan sehingga akhir
bulan Ramadhan.
2. Waktu Wajib – iaitu selepas terbenam matahari pada akhir bulan
Ramadhan.
3. Waktu Afdhal – iaitu selepas solat Subuh pada hari akhir Ramadhan
sehingga sebelum mengerjakan
sembahyang sunat Aidil Fitri.
sembahyang sunat Aidil Fitri.
4. Waktu Makruh – iaitu selepas sembahyang sunat Aidil Fitri sehingga
sebelum terbenam matahari.
5. Waktu Haram – iaitu selepas terbenam matahari pada hari raya Aidil
Fitri.
Jenis Dan Kadar Bayaran Zakat Fitrah
1. Jenis zakat yang dikeluarkan ialah berdasarkan makanan asasi sesebuah
negeri seperti beras.
2. Kadar yang dikeluarkan ialah satu gantang Baghdad bersamaan timbangan
metrik 2.60 kilogram (2600 gram).
3. Nilai bagi kadar ini adalah berubah dari semasa ke semasa bergantung
kepada harga beras yang dimakan oleh kebanyakan penduduk Islam di sesebuah
negeri.
Lafaz Akad Zakat Fitrah
1. Lafaz untuk diri sendiri:
Inilah wang bagi menggantikan beras fitrah yang wajib ke atas diriku pada tahun ini kerana Allah Ta’ala.
2. Lafaz untuk diri sendiri dan tanggungan:
Inilah wang bagi menggantikan beras fitrah yang wajib ke atas diriku dan tanggunganku pada tahun ini kerana Allah Ta’ala.
3. Lafaz bagi pihak:
Inilah wang bagi menggantikan beras fitrah yang wajib ke atas pihak yang aku wakili …… pada tahun ini kerana Allah Ta’ala.
Takrif Asnaf Zakat
SURAH
AT-TAUBAH AYAT 60:
“Sesungguhnya
zakat-zakat itu, hanyalah untuk orang-orang fakir, orang-orang miskin,
pengurus-pengurus zakat, para muallaf yang dipujuk hatinya, untuk
(memerdekakan) budak, orang-orang yang berhutang, untuk jalan Allah dan
orang-orang yang sedang dalam perjalanan, sebagai sesuatu ketetapan yang
diwajibkan Allah; dan Allah Maha Mengetahui lagi Maha Bijaksana”
1.
FAKIR
Seseorang
yang tidak mempunyai apa-apa harta atau pekerjaan atau menerima pendapatan dari
sumber-sumber lain yang jumlahnya tidak sampai 50 peratus daripada keperluan
harian dan keperluan tanggungannya dan tidak sampai 50 peratus daripada belanja
hidup seseorang yang hidup sederhana dan orang-orang tanggungan.
Orang Islam yang tidak
mempunyai harta benda atau pekerjaan atau mempunyai pendapatan tetapi tidak
mencapai lima puluh peratus daripada had kifayahnya untuk keperluan diri dan
tanggungannya
Seseorang yang tidak mempunyai harta dan hasil usaha ( pekerjaan ) yang
boleh memenuhi keperluan asas ( daruriat ) bagi dirinya dan tanggungan di
bawahnya bukan keperluan tambahan ( hajiat ) dan bukan keperluan kemewahan (
tahsiniat ), termasuk juga mereka yang tidak ada daya usaha dengan sebab
seperti penyakit.
Contoh : Seseorang yang memerlukan kepada RM 300.00 sebulan tetapi hanya
memperolehi tidak sampai 50% keperluan tersebut untuk menampung keperluan asasi
diri dan tanggungan di bawahnya.
Fakir
adalah orang yang penghasilannya belum dapat menutupi separuh dari
kebutuhannya.
Ukuran orang fakir miskin di Indonesia adalah orang yang pendapatannya tidak bisa mencukupi kehidupan sehari-harinya, atau orang yang pendapatannya di bawah standar yang telah ditentukan oleh pemerintah. Seperti ketidakmampuan keluarga tersebut untuk makan minimal dua kali sehari, atau menempuh pendidikan sembilan tahun, atau mendapatkan pelayanan kesehatan standar dan tak mampu membeli pakaian layak.
Ada juga yang menentukan kriteria orang miskin di desa dengan ciri-ciri sebagai berikut: Dalam sehari makan kurang dari 3 kali, penghasilan tidak tetap, tidak mempunyai sawah atau tegalan, hidup di rumah sederhana dari bilik bambu ukuran 6 x 4 meter persegi dan berlantai tanah. Termasuk para jompo, manula, dan para janda yang ditinggal mati suaminya.
Ukuran orang fakir miskin di Indonesia adalah orang yang pendapatannya tidak bisa mencukupi kehidupan sehari-harinya, atau orang yang pendapatannya di bawah standar yang telah ditentukan oleh pemerintah. Seperti ketidakmampuan keluarga tersebut untuk makan minimal dua kali sehari, atau menempuh pendidikan sembilan tahun, atau mendapatkan pelayanan kesehatan standar dan tak mampu membeli pakaian layak.
Ada juga yang menentukan kriteria orang miskin di desa dengan ciri-ciri sebagai berikut: Dalam sehari makan kurang dari 3 kali, penghasilan tidak tetap, tidak mempunyai sawah atau tegalan, hidup di rumah sederhana dari bilik bambu ukuran 6 x 4 meter persegi dan berlantai tanah. Termasuk para jompo, manula, dan para janda yang ditinggal mati suaminya.
2.
MISKIN
Seseorang
yang mempunyai pekerjaan atau hasil usaha yang hanya memenuhi sebahagian
keperluan asasinya tetapi tidak mencukupi untuk menampung keperluan harian dan
juga menampung orang-orang tanggungannya.
Orang Islam yang mempunyai
harta atau pendapatan yang hanya boleh menampung lima puluh peratus untuk
keperluan diri dan tanggungannya tetapi tidak mencapai had kifayah.
Bahagian Fakir dan Miskin ini
tidak boleh diberikan kepada orang kaya dan kepada orang yang mampu bekerja dan
menghasilkan keperluan yang cukup untuk diri dan mereka yang di bawah
tanggunggannya.
Seseorang yang mempunyai pekerjaan atau hasil usaha yang hanya memenuhi
sebahagian keperluan asasi ( daruriat ) tetapi tidak mencukupi untuk
dirinya dan orang di bawah tanggungannya.
Contoh : Seseorang yang memerlukan kepada RM 300 sebulan
tetapi hanya memperolehi sebahagian
( 50% ) atau lebih tetapi tidak sampai memenuhi keperluan asasi sebenar bagi diri dan tanggungannya
( 50% ) atau lebih tetapi tidak sampai memenuhi keperluan asasi sebenar bagi diri dan tanggungannya
Miskin adalah orang yang penghasilannya baru bisa
memenuhi separuh atau lebih dari kebutuhannya, tetapi belum bisa terpenuhi
semuanya.
Zakat tidak boleh dibayarkan kepada orang yang menjadi tanggungannya, karena hal tersebut akan menyebabkan gugurnya kewajiban memberi nafkah kepadanya. Contoh :
Seorang suami tidak boleh memberikan zakatnya kepada istri dan anak-anaknya yang masih dalam tanggungannya.
Seorang anak tidak boleh memberikan zakatnya kepada orang tua yang menjadi tanggungannya.
Seorang kerabat tidak boleh memberikan zakat kepada kerabat yang menjadi tanggungannya.
Sebaliknya, dibolehkan memberikan zakat kepada orang yang bukan di bawah tanggungannya. Contoh:
Seorang istri boleh memberikan zakatnya kepada suaminya yang miskin.
Seorang anak boleh memberikan zakat kepada orang tuanya yang miskin tapi hidupnya mandiri dan tidak dalam tanggungan anaknya.
Zakat tidak boleh dibayarkan kepada orang yang menjadi tanggungannya, karena hal tersebut akan menyebabkan gugurnya kewajiban memberi nafkah kepadanya. Contoh :
Seorang suami tidak boleh memberikan zakatnya kepada istri dan anak-anaknya yang masih dalam tanggungannya.
Seorang anak tidak boleh memberikan zakatnya kepada orang tua yang menjadi tanggungannya.
Seorang kerabat tidak boleh memberikan zakat kepada kerabat yang menjadi tanggungannya.
Sebaliknya, dibolehkan memberikan zakat kepada orang yang bukan di bawah tanggungannya. Contoh:
Seorang istri boleh memberikan zakatnya kepada suaminya yang miskin.
Seorang anak boleh memberikan zakat kepada orang tuanya yang miskin tapi hidupnya mandiri dan tidak dalam tanggungan anaknya.
Golongan pertama dan kedua: fakir dan miskin.
Fakir dan
miskin adalah golongan yang tidak mendapati sesuatu yang mencukupi kebutuhan
mereka.
Para ulama
berselisih pendapat manakah yang kondisinya lebih susah antara fakir dan
miskin. Ulama Syafi’iyah dan Hambali berpendapat bahwa fakir itu lebih susah
dari miskin. Alasan mereka karena dalam ayat ini, Allah menyebut fakir lebih
dulu baru miskin. Ulama lainnya berpendapat miskin lebih parah dari fakir.[2]
Adapun
batasan dikatakan fakir menurut ulama Syafi’iyah dan Malikiyah adalah orang
yang tidak punya harta dan usaha yang dapat memenuhi kebutuhannya. Seperti
kebutuhannya, misal sepuluh ribu rupiah tiap harinya, namun ia sama sekali
tidak bisa memenuhi kebutuhan tersebut atau ia hanya dapat memenuhi
kebutuhannya kurang dari separuh. Sedangkan miskin adalah orang yang hanya
dapat mencukupi separuh atau lebih dari separuh kebutuhannya, namun tidak bisa
memenuhi seluruhnya.[3]
Orang yang berkecukupan tidak boleh diberi zakat
Orang yang
berkecukupan sama sekali tidak boleh diberi zakat, inilah yang disepakati oleh
para ulama. Hal ini berdasarkan sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,
لاَ حَظَّ فِيهَا لَغَنِىٍّ
“Tidak ada
satu pun bagian zakat untuk orang yang berkecukupan.”[4]
Apa standarnya orang kaya yang tidak boleh mengambil zakat?
Standarnya,
ia memiliki kecukupan ataukah tidak. Jika ia memiliki harta yang mencukupi diri
dan orang-orang yang ia tanggung, maka tidak halal zakat untuk dirinya. Namun
jika tidak memiliki kecukupan walaupun hartanya mencapai nishob, maka ia
halal untuk mendapati zakat. Oleh karena itu, boleh jadi orang yang wajib zakat
karena hartanya telah mencapai nishob, ia sekaligus berhak menerima zakat.
Demikian pendapat mayoritas ulama yaitu ulama Malikiyah, Syafi’iyah dan salah
satu pendapat dari Imam Ahmad.[5]
Apa standar kecukupan?
Kecukupan
yang dimaksud adalah kecukupan pada makan, minum, tempat tinggal, juga segala
yang mesti ia penuhi tanpa bersifat boros atau tanpa keterbatasan. Kebutuhan
yang dimaksud di sini adalah baik kebutuhan dirinya sendiri atau orang-orang
yang ia tanggung nafkahnya. Inilah pendapat mayoritas ulama.[6]
Bolehkah memberi zakat kepada fakir miskin yang mampu mencari nafkah?
Jika fakir
dan miskin mampu bekerja dan mampu memenuhi kebutuhannya serta orang-orang yang
ia tanggung atau memenuhi kebutuhannya secara sempurna, maka ia sama sekali
tidak boleh mengambil zakat. Alasannya karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam bersabda,
لاَ حَظَّ فِيهَا لَغَنِىٍّ وَلاَ لِذِى مِرَّةٍ
مُكْتَسِبٍ
““Tidak
ada satu pun bagian zakat untuk orang yang berkecukupan dan tidak pula bagi
orang yang kuat untuk bekerja.”[7]
Dalam hadits
yang lain, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
لاَ تَحِلُّ الصَّدَقَةُ لِغَنِىٍّ وَلاَ لِذِى
مِرَّةٍ سَوِىٍّ
“Tidak
halal zakat bagi orang yang berkecukupan, tidak pula bagi orang yang kuat lagi
fisiknya sempurna (artinya: mampu untuk bekerja, pen)”[8]
Berapa kadar zakat yang diberikan kepada fakir dan miskin?
Besar zakat
yang diberikan kepada fakir dan miskin adalah sebesar kebutuhan yang mencukupi
kebutuhan mereka dan orang yang mereka tanggung dalam setahun dan tidak
boleh ditambah lebih daripada itu. Yang jadi patokan di sini adalah satu tahun
karena umumnya zakat dikeluarkan setiap tahun. Alasan lainnya adalah bahwasanya
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa menyimpan kebutuhan makanan
keluarga beliau untuk setahun. Barangkali pula jumlah yang diberikan bisa
mencapai ukuran nishob zakat.
Jika fakir
dan miskin memiliki harta yang mencukupi sebagian kebutuhannya namun belum
seluruhnya terpenuhi, maka ia bisa mendapat jatah zakat untuk memenuhi
kebutuhannya yang kurang dalam setahun.[9]
3.
AMIL
Mereka
yang terlibat secara langsung dengan institusi zakat samada individu atau
organisasi bagi mengurus dan mentadbir hal ehwal zakat termasuk pemungutan,
agihan, urusan kewangan dan sebagainya.
Dalam istilah sekarang di
Malaysia, Amil ditakrifkan sebagai sebuah organisasi yang padanya terdapat
kakitangan yang terlibat dalam pentadbiran dan pengurusan zakat, begitu juga
pertubuhan atau individu yang dilantik oleh badan tersebut.
Individu atau institusi yang terlibat secara langsung dengan institusi
zakat sama ada mengurus dan mentadbir hal ehwal pungutan, pengagihan atau yang
mengawasi urusan kewangan zakat.
Amil Zakat adalah orang
yang mendapatkan tugas dari negara, organisasi, lembaga atau yayasan
untuk mengurusi zakat. Atas kerjanya tersebut, seorang amil zakat berhak
mendapatkan jatah dari uang zakat.
Amil Zakat yang berhak mendapatkan zakat adalah, yang memang profesi utamanya adalah mengurusi zakat. Jika dia memiliki pekerjaan lain, pekerjaannya tersebut dia anggap sebagai pekerjaan sampingan, yang tidak boleh mengalahkan pekerjaan utamanya, yaitu amil zakat.
Amil zakat ini harus diangkat secara resmi oleh negara, organisasi, lembaga, yayasan. Tidak boleh sembarang bekerja secara serabutan dan tanpa pengawasan. Dasar pengangkatan amil zakat ini adalah hadits Abu Humaid as-Sa’idi:
Dari Abu Humaid as-Sa'idi radhiyallahu 'anhu berkata: Nabi shallallahu a’laihi wasallam memperkerjakan seorang laki-laki dari suku al-Azdi yang bernama Ibnu Lutbiah sebagai pemungut zakat. Ketika datang dari tugasnya, dia berkata: "Ini untuk kalian sebagai zakat dan ini dihadiahkan untukku". Beliau bersabda: "Cobalah dia duduk saja di rumah ayahnya atau ibunya, dan menunggu apakah akan ada yang memberikan kepadanya hadiah? Dan demi Dzat yag jiwaku di tangan-Nya, tidak seorangpun yang mengambil sesuatu dari zakat ini, kecuali dia akan datang pada hari qiyamat dengan dipikulkan di atas lehernya berupa unta yang berteriak, atau sapi yang melembuh atau kambing yang mengembik". Kemudian beliau mengangkat tangan-nya, sehingga terlihat oleh kami ketiak beliau yang putih dan (berkata,): "Ya Allah bukan kah aku sudah sampaikan, bukankah aku sudah sampaikan", sebanyak tiga kali.“ (HR. Bukhari dan Muslim)
Amil Zakat yang berhak mendapatkan zakat adalah, yang memang profesi utamanya adalah mengurusi zakat. Jika dia memiliki pekerjaan lain, pekerjaannya tersebut dia anggap sebagai pekerjaan sampingan, yang tidak boleh mengalahkan pekerjaan utamanya, yaitu amil zakat.
Amil zakat ini harus diangkat secara resmi oleh negara, organisasi, lembaga, yayasan. Tidak boleh sembarang bekerja secara serabutan dan tanpa pengawasan. Dasar pengangkatan amil zakat ini adalah hadits Abu Humaid as-Sa’idi:
Dari Abu Humaid as-Sa'idi radhiyallahu 'anhu berkata: Nabi shallallahu a’laihi wasallam memperkerjakan seorang laki-laki dari suku al-Azdi yang bernama Ibnu Lutbiah sebagai pemungut zakat. Ketika datang dari tugasnya, dia berkata: "Ini untuk kalian sebagai zakat dan ini dihadiahkan untukku". Beliau bersabda: "Cobalah dia duduk saja di rumah ayahnya atau ibunya, dan menunggu apakah akan ada yang memberikan kepadanya hadiah? Dan demi Dzat yag jiwaku di tangan-Nya, tidak seorangpun yang mengambil sesuatu dari zakat ini, kecuali dia akan datang pada hari qiyamat dengan dipikulkan di atas lehernya berupa unta yang berteriak, atau sapi yang melembuh atau kambing yang mengembik". Kemudian beliau mengangkat tangan-nya, sehingga terlihat oleh kami ketiak beliau yang putih dan (berkata,): "Ya Allah bukan kah aku sudah sampaikan, bukankah aku sudah sampaikan", sebanyak tiga kali.“ (HR. Bukhari dan Muslim)
Untuk amil
zakat, tidak disyaratkan termasuk miskin. Karena amil zakat mendapat bagian
zakat disebabkan pekerjaannya. Dalam sebuah hadits disebutkan,
لاَ تَحِلُّ الصَّدَقَةُ لِغَنِىٍّ إِلاَّ لِخَمْسَةٍ
لِغَازٍ فِى سَبِيلِ اللَّهِ أَوْ لِعَامِلٍ عَلَيْهَا أَوْ لِغَارِمٍ أَوْ
لِرَجُلٍ اشْتَرَاهَا بِمَالِهِ أَوْ لِرَجُلٍ كَانَ لَهُ جَارٌ مِسْكِينٌ
فَتُصُدِّقَ عَلَى الْمِسْكِينِ فَأَهْدَاهَا الْمِسْكِينُ لِلْغَنِىِّ
“Tidak halal zakat bagi orang kaya kecuali bagi lima orang, yaitu orang
yang berperang di jalan Allah, atau amil zakat, atau orang yang terlilit
hutang, atau seseorang yang membelinya dengan hartanya, atau orang yang
memiliki tetangga miskin kemudian orang miskin tersebut diberi zakat, lalu ia
memberikannya kepada orang yang kaya.”[10]
Ulama
Syafi’iyah dan Hanafiyah mengatakan bahwa imam (penguasa) akan memberikan
pada amil zakat upah yang jelas, boleh jadi dilihat dari lamanya ia bekerja
atau dilihat dari pekerjaan yang ia lakukan.[11]
Siapakah Amil Zakat?
Sayid Sabiq
mengatakan, “Amil zakat adalah orang-orang yang diangkat oleh penguasa atau
wakil penguasa untuk bekerja mengumpulkan zakat dari orang-orang kaya. Termasuk
amil zakat adalah orang yang bertugas menjaga harta zakat, penggembala hewan
ternak zakat dan juru tulis yang bekerja di kantor amil zakat.”[12]
‘Adil bin
Yusuf al ‘Azazi berkata, “Yang dimaksud dengan amil zakat adalah para petugas
yang dikirim oleh penguasa untuk mengunpulkan zakat dari orang-orang yang
berkewajiban membayar zakat. Demikian pula termasuk amil adalah orang-orang
yang menjaga harta zakat serta orang-orang yang membagi dan mendistribusikan
zakat kepada orang-orang yang berhak menerimanya. Mereka itulah yang berhak
diberi zakat meski sebenarnya mereka adalah orang-orang yang kaya.”[13]
Syeikh
Muhammad bin Sholih Al ‘Utsaimin mengatakan, “Golongan ketiga yang berhak
mendapatkan zakat adalah amil zakat. Amil zakat adalah orang-orang yang
diangkat oleh penguasa untuk mengambil zakat dari orang-orang yang berkewajiban
untuk menunaikannya lalu menjaga dan mendistribusikannya. Mereka diberi zakat
sesuai dengan kadar kerja mereka meski mereka sebenarnya adalah orang-orang
yang kaya. Sedangkan orang biasa yang menjadi wakil orang yang berzakat untuk
mendistribusikan zakatnya bukanlah termasuk amil zakat. Sehingga mereka tidak
berhak mendapatkan harta zakat sedikitpun disebabkan status mereka sebagai
wakil. Akan tetapi jika mereka dengan penuh kerelaan hati mendistribusikan
zakat kepada orang-orang yang berhak menerimanya dengan penuh amanah dan
kesungguhan maka mereka turut mendapatkan pahala. Namun jika mereka meminta
upah karena telah mendistribusikan zakat maka orang yang berzakat berkewajiban
memberinya upah dari hartanya yang lain bukan dari zakat.”[14]
Berdasarkan
paparan di atas jelaslah bahwa syarat agar bisa disebut sebagai amil zakat
adalah diangkat dan diberi otoritas oleh penguasa muslim untuk mengambil zakat
dan mendistribusikannya sehingga panitia-panitia zakat yang ada di berbagai
masjid serta orang-orang yang mengangkat dirinya sebagai amil bukanlah amil
secara syar’i. Hal ini sesuai dengan istilah amil karena yang disebut amil
adalah pekerja yang dipekerjakan oleh pihak tertentu.
Memiliki
otoritas untuk mengambil dan mengumpulkan zakat adalah sebuah keniscayaan bagi
amil karena amil memiliki kewajiban untuk mengambil zakat secara paksa dari
orang-orang yang menolak untuk membayar zakat.
4.
MUALLAF
Mereka yang hatinya baru berjinak– jinak dengan agama
Islam dan mendapat hidayah menganuti Islam supaya mereka merasakan adanya
tempat bergantung bagi menghadapi cabaran yang mendatang.
Asnaf Al-Muallafatu Qulubuhum
di bahagikan kepada 2 golongan, iaitu golongan Muslim dan golongan Kafir.
Golongan Muslim meliputi :
a. Orang yang baru memeluk Agama Islam.
b. Ketua-ketua kumpulan Islam yang menpunyai hubungan baik dengan ketua-ketua kumpulan bukan Islam yang sama taraf dengannya.
c. Ketua-ketua kumpulan Islam yang masih belum mantap Imannya tetapi masih berpengaruh.
Golongan bukan Muslim (Kafir) pula meliputi :
a. Orang yang berkemungkinan menerima Islam.
b. Boleh dipujuk supaya tidak memusuhi orang Islam.
Golongan Muslim meliputi :
a. Orang yang baru memeluk Agama Islam.
b. Ketua-ketua kumpulan Islam yang menpunyai hubungan baik dengan ketua-ketua kumpulan bukan Islam yang sama taraf dengannya.
c. Ketua-ketua kumpulan Islam yang masih belum mantap Imannya tetapi masih berpengaruh.
Golongan bukan Muslim (Kafir) pula meliputi :
a. Orang yang berkemungkinan menerima Islam.
b. Boleh dipujuk supaya tidak memusuhi orang Islam.
Mereka
yang dijinakkan hatinya atau mereka yang diharapkan kecenderungan hatinya untuk
menerima Islam atau yang memeluk Islam (tetapi belum kukuh Islamnya) ianya
dibahagi kepada dua iaitu :
a)
Beragama Islam + Baru memeluk agama Islam
+ Ketua-ketua kaum Islam yang baik hubungan dengan ketua-ketua bukan Islam yang sejawatan atau sama taraf dengannya.
+ Ketua-ketua kaum Islam yang masih lemah iman tetapi masih ditaati oleh orang- orang di bawah pimpinannya.
+ Orang-orang Islam yang tinggal di perbatasan yang berhampiran dengan negara musuh.
+ Ketua-ketua kaum Islam yang baik hubungan dengan ketua-ketua bukan Islam yang sejawatan atau sama taraf dengannya.
+ Ketua-ketua kaum Islam yang masih lemah iman tetapi masih ditaati oleh orang- orang di bawah pimpinannya.
+ Orang-orang Islam yang tinggal di perbatasan yang berhampiran dengan negara musuh.
b)
Bukan beragama Islam + Boleh dipujuk supaya masuk Islam.
+ Boleh dipujuk supaya tidak merbahaya kepada orang Islam.
Muallaf adalah singkatan dari istilah “al-Muallaf Qulubuhum“ sebagaimana yang disebutkan al-Qur’an dalam surat at-Taubah, ayat : 60. Yang artinya adalah orang-orang yang hati mereka dilunakkan agar masuk Islam, atau agar keimanan mereka meningkat, atau untuk menghindari kejahatan mereka.
Pembagian Muallaf
Dari pengertian di atas, Muallaf yang berhak mendapatkan zakat terbagi menjadi tiga:
Pertama: Orang-orang kafir yang hati mereka sudah cenderung kepada Islam, atau diharapkan agar mereka masuk Islam, karena dengan masuknya mereka ke dalam agama Islam, diprediksi Islam akan menjadi lebih kuat.
Kedua: orang-orang kafir yang diharapkan agar menghentikan kejahatan mereka kepada kaum muslimin.
Ketiga: orang-orang Islam yang lemah imannya karena baru mengenal Islam, atau supaya mereka tidak keluar lagi memeluk agama lain.
+ Boleh dipujuk supaya tidak merbahaya kepada orang Islam.
Muallaf adalah singkatan dari istilah “al-Muallaf Qulubuhum“ sebagaimana yang disebutkan al-Qur’an dalam surat at-Taubah, ayat : 60. Yang artinya adalah orang-orang yang hati mereka dilunakkan agar masuk Islam, atau agar keimanan mereka meningkat, atau untuk menghindari kejahatan mereka.
Pembagian Muallaf
Dari pengertian di atas, Muallaf yang berhak mendapatkan zakat terbagi menjadi tiga:
Pertama: Orang-orang kafir yang hati mereka sudah cenderung kepada Islam, atau diharapkan agar mereka masuk Islam, karena dengan masuknya mereka ke dalam agama Islam, diprediksi Islam akan menjadi lebih kuat.
Kedua: orang-orang kafir yang diharapkan agar menghentikan kejahatan mereka kepada kaum muslimin.
Ketiga: orang-orang Islam yang lemah imannya karena baru mengenal Islam, atau supaya mereka tidak keluar lagi memeluk agama lain.
Orang yang
ingin dilembutkan hatinya. Bisa jadi golongan ini adalah muslim dan kafir.
Contoh dari
kalangan muslim:
1. Orang yang
lemah imannya namun ditaati kaumnya. Ia diberi zakat untuk menguatkan imannya.
2. Pemimpin di
kaumnya, lantas masuk Islam. Ia diberi zakat untuk mendorong orang kafir
semisalnya agar tertarik pula untuk masuk Islam.
Contoh dari
kalangan kafir:
1. Orang kafir
yang sedang tertarik pada Islam. Ia diberi zakat supaya condong untuk masuk
Islam.
2. Orang kafir
yang ditakutkan akan bahayanya. Ia diberikan zakat agar menahan diri dari
mengganggu kaum muslimin.[15]
5.
AL-RIQAB
Memerdekakan
orang-orang Islam daripada cengkaman perhambaan dan penaklukan samada dari segi
cengkaman fizikal atau mental seperti cengkaman kejahilan dan terbelenggu di
bawah kawalan orang-orang tertentu.
Pada dasarnya ia bererti
membebaskan seseorang itu daripada perhambaan. Bahagian ini adalah bertujuan untuk
disumbangkan kepada usaha-usaha untuk menamatkan sistem atau amalan perhambaan.
Apabila amalan perhambaan secara tradisi sudah terhapus sepenuhnya sekarang, Mesyuarat bersetuju memfatwakan takrif Ar Riqab ini perlu diperluaskan lagi kepada pembebasan yang mencangkupi segala bentuk perhambaan dan penindasan yang ada seperti pembebasan dari belenggu kejahilan, pembebasan golongan lemah dari cengkaman orang-orang yang berkuasa dan pembebasan dari perhambaan ekonomi, politik dan sebagainya.
Apabila amalan perhambaan secara tradisi sudah terhapus sepenuhnya sekarang, Mesyuarat bersetuju memfatwakan takrif Ar Riqab ini perlu diperluaskan lagi kepada pembebasan yang mencangkupi segala bentuk perhambaan dan penindasan yang ada seperti pembebasan dari belenggu kejahilan, pembebasan golongan lemah dari cengkaman orang-orang yang berkuasa dan pembebasan dari perhambaan ekonomi, politik dan sebagainya.
Mereka yang dimiliki oleh tuannya bagi
membolehkan mereka membebaskan / menebus diri masing– masing.
Fi ar-Riqab adalah budak
belian. Maksud pemberian zakat kepada mereka bukanlah kita memberikan uang
kepada mereka, tetapi maksudnya adalah memerdekakan mereka.
Yang termasuk dalam golongan Fi ar-Riqab adalah:
Pertama: Al-Mukatib, yaitu seorang budak yang ingin membebaskan dirinya dari tuannya, dengan cara membayar sejumlah uang kepada tuannya secara berangsur. Maka, zakat untuknya adalah dengan cara membantunya membayarkan kepada tuannya sejumlah uang agar dia bebas dari perbudakan, baik diberikan langsung kepada tuannya atau diberikan kepada budak tersebut, untuk kemudian diserahkan kepada tuannya.
Jika budak tersebut tidak mempergunakan uang tersebut sebagaimana mestinya, maka uang itu berhak untuk diambil lagi.
Kedua: Membebaskan budak secara langsung dengan uang zakat tersebut, walaupun dia bukan mukatib.
Ketiga : Seorang muslim yang menjadi tawanan perang orang kafir, boleh membayar tebusan dengan uang zakat agar dia terbebas dari tawanan.
Pembebasan budak yang termasuk di sini adalah: (1) pembebasan budak mukatab, yaitu yang berjanji pada tuannya ingin merdeka dengan melunasi pembayaran tertentu, (2) pembebasan budak muslim, (3) pembebasan tawanan muslim yang ada di tangan orang kafir.[16]
Yang termasuk dalam golongan Fi ar-Riqab adalah:
Pertama: Al-Mukatib, yaitu seorang budak yang ingin membebaskan dirinya dari tuannya, dengan cara membayar sejumlah uang kepada tuannya secara berangsur. Maka, zakat untuknya adalah dengan cara membantunya membayarkan kepada tuannya sejumlah uang agar dia bebas dari perbudakan, baik diberikan langsung kepada tuannya atau diberikan kepada budak tersebut, untuk kemudian diserahkan kepada tuannya.
Jika budak tersebut tidak mempergunakan uang tersebut sebagaimana mestinya, maka uang itu berhak untuk diambil lagi.
Kedua: Membebaskan budak secara langsung dengan uang zakat tersebut, walaupun dia bukan mukatib.
Ketiga : Seorang muslim yang menjadi tawanan perang orang kafir, boleh membayar tebusan dengan uang zakat agar dia terbebas dari tawanan.
Pembebasan budak yang termasuk di sini adalah: (1) pembebasan budak mukatab, yaitu yang berjanji pada tuannya ingin merdeka dengan melunasi pembayaran tertentu, (2) pembebasan budak muslim, (3) pembebasan tawanan muslim yang ada di tangan orang kafir.[16]
6.
AL-GHARIMIN
Golongan
yang berhutang untuk memenuhi keperluan asas bagi kemaslahatan diri, keluarga
tanggungannya atau masyarakat yang memerlukan penyelesaian segera dan
dibenarkan oleh hukum syarak.
Orang-orang berhutang yang
layak menerima zakat ialah orang yang berhutang untuk faedah awam seperti untuk
menghapuskan persengketaan dua pihak dan sebagainya.
Bagi individu yang berhutang untuk tujuan peribadi, mereka hanya boleh dimasukkan ke dalam asnaf ini dengan syarat beliau mestilah tidak memiliki harta dalam kadar yang mencukupi (haddul kifayah).
Bagi individu yang berhutang untuk tujuan peribadi, mereka hanya boleh dimasukkan ke dalam asnaf ini dengan syarat beliau mestilah tidak memiliki harta dalam kadar yang mencukupi (haddul kifayah).
Golongan yang berhutang utuk memenuhi keperluan asas diri, keluarga,
tanggungannya atau masyarakat dan memerlukan penyelesaian segera selaras dengan
hukum Syarak.
Al-Gharim adalah
orang-orang yang dililit utang, sehingga dia tidak bisa membayarnya.
Al-Gharim ada dua macam:
Pertama: orang yang dililit utang karena mendamaikan dua pihak yang sedang berselisih. Orang seperti ini berhak mendapatkan zakat, walaupun dia sebenarnya orang kaya. Dalilnya adalah hadist Qabishah bin Muhariq al-Hilali bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda:
“Wahai Qabishah meminta-minta itu tidak boleh, kecuali bagi tiga orang, (diantaranya) adalah seseorang yang menanggung beban orang lain, maka dibolehkan dia meminta-minta sehingga menutupi utangnya, kemudian dia berhenti dari meminta-minta “ (HR. Muslim)
Kedua: Orang yang dililit hutang untuk keperluan dirinya sendiri, seperti untuk nafkah keluarga, berobat, membeli sesuatu, atau yang lainnya.
Adapun orang kaya yang berutang untuk keperluan bisnis, maka ini tidak termasuk dalam katagori al-Gharim, sehingga tidak berhak mendapatkan zakat.
Al-Gharim ada dua macam:
Pertama: orang yang dililit utang karena mendamaikan dua pihak yang sedang berselisih. Orang seperti ini berhak mendapatkan zakat, walaupun dia sebenarnya orang kaya. Dalilnya adalah hadist Qabishah bin Muhariq al-Hilali bahwasanya Rasulullah shallallahu ‘alaihi wassalam bersabda:
“Wahai Qabishah meminta-minta itu tidak boleh, kecuali bagi tiga orang, (diantaranya) adalah seseorang yang menanggung beban orang lain, maka dibolehkan dia meminta-minta sehingga menutupi utangnya, kemudian dia berhenti dari meminta-minta “ (HR. Muslim)
Kedua: Orang yang dililit hutang untuk keperluan dirinya sendiri, seperti untuk nafkah keluarga, berobat, membeli sesuatu, atau yang lainnya.
Adapun orang kaya yang berutang untuk keperluan bisnis, maka ini tidak termasuk dalam katagori al-Gharim, sehingga tidak berhak mendapatkan zakat.
orang yang terlilit utang.Yang termasuk dalam golongan ini adalah:
Pertama: Orang yang
terlilit utang demi kemaslahatan dirinya.
Namun ada
beberapa syarat yang harus dipenuhi:
1. Yang berutang
adalah seorang muslim.
2. Bukan
termasuk ahlu bait (keluarga Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam).
3. Bukan orang
yang bersengaja berutang untuk mendapatkan zakat.
4. Utang
tersebut membuat ia dipenjara.
5. Utang
tersebut mesti dilunasi saat itu juga, bukan utang yang masih tertunda untuk
dilunasi beberapa tahun lagi kecuali jika utang tersebut mesti dilunasi di
tahun itu, maka ia diberikan zakat.
6. Bukan orang
yang masih memiliki harta simpanan (seperti rumah) untuk melunasi utangnya.
Kedua: Orang yang
terlilit utang karena untuk memperbaiki hubungan orang lain. Artinya, ia
berutang bukan untuk kepentingan dirinya, namun untuk kepentingan orang lain.
Dalil dari hal ini sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam,
إِنَّ الْمَسْأَلَةَ لَا تَحِلُّ إِلَّا لِثَلَاثَةٍ
رَجُلٍ تَحَمَّلَ بِحَمَالَةٍ بَيْنَ قَوْمٍ فَسَأَلَ فِيهَا حَتَّى يُؤَدِّيَهَا
ثُمَّ يُمْسِكَ
“Sesungguhnya
permintaan itu tidak halal kecuali bagi tiga orang; yaitu orang laki-laki yang
mempunyai tanggungan bagi kaumnya, lalu ia meminta-minta hingga ia dapat
menyelesaikan tanggungannya, setelah itu ia berhenti (untuk meminta-minta).”[17]
Ketiga: Orang yang
berutang karena sebab dhoman (menanggung sebagai jaminan utang orang lain).
Namun di sini disyaratkan orang yang menjamin utang dan yang dijamin utang
sama-sama orang yang sulit dalam melunasi utang.[18]
7.
FISABILILLAH
Mana-mana
orang atau pihak yamg melibatkan diri dalam suatu aktiviti atau aktiviti
menegak, mempertahankan dan mendakwahkan agama Islam serta kebajikannya.
Ditafsirkan dalam konteks yang
lebih luas iaitu segala bentuk usaha yang ikhlas bagi mencapai keredhaan Allah.
Oleh itu ia merangkumi segala bentuk kebajikan seperti bantuan untuk peperangan menentang musuh Islam, bantuan kepada pelajar dan apa sahaja bentuk ketaatan dan pendekatan diri kepada Allah.
Oleh itu ia merangkumi segala bentuk kebajikan seperti bantuan untuk peperangan menentang musuh Islam, bantuan kepada pelajar dan apa sahaja bentuk ketaatan dan pendekatan diri kepada Allah.
Mereka yang berjuang, berusaha, mempertahankan dan meningkatkan
penghayatan dan syiar Islam.
Yang dimaksud fi
sabilillah adalah perang di jalan Allah untuk menegakkan kalimat Allah di muka
bumi.
Fi sabilillah ini meliputi para mujahidin yang berperang melawan orang-orang kafir, pembelian alat – alat perang, dan sarana-sarana lain untuk keperluan jihad di jalan Allah.
Para mujahid berhak mendapatkan zakat, walaupun mereka sebenarnya kaya.
Sebagian ulama mengatakan bahwa orang-orang yang waktunya tersita untuk belajar ilmu agama, termasuk para santri di pesantren-pesantren sehingga tidak sempat untuk bekerja, mereka termasuk fi sabilillah, karena ilmunya akan bermanfaat bagi kaum muslimin.
Rasulullah shallallahu ‘laihi wassalam bersabda:
"Barang siapa yang keluar dari rumahnya untuk menuntut ilmu maka dia berada di jalan Allah hingga pulang." (Hadits Hasan Riwayat Tirmidzi)
Fi sabilillah ini meliputi para mujahidin yang berperang melawan orang-orang kafir, pembelian alat – alat perang, dan sarana-sarana lain untuk keperluan jihad di jalan Allah.
Para mujahid berhak mendapatkan zakat, walaupun mereka sebenarnya kaya.
Sebagian ulama mengatakan bahwa orang-orang yang waktunya tersita untuk belajar ilmu agama, termasuk para santri di pesantren-pesantren sehingga tidak sempat untuk bekerja, mereka termasuk fi sabilillah, karena ilmunya akan bermanfaat bagi kaum muslimin.
Rasulullah shallallahu ‘laihi wassalam bersabda:
"Barang siapa yang keluar dari rumahnya untuk menuntut ilmu maka dia berada di jalan Allah hingga pulang." (Hadits Hasan Riwayat Tirmidzi)
Di jalan Allah. Yang termasuk di sini adalah:
Pertama: Berperang
di jalan Allah.
Menurut
mayoritas ulama, tidak disyaratkan miskin. Orang kaya pun bisa diberi zakat
dalam hal ini. Karena orang yang berperang di jalan Allah tidak berjuang untuk kemaslahatan
dirinya saja, namun juga untuk kemaslahatan seluruh kaum muslimin. Sehingga
tidak perlu disyaratkan fakir atau miskin.
Kedua: Untuk
kemaslahatan perang.
Seperti untuk
pembangunan benteng pertahanan, penyediaan kendaraan perang, penyediaan persenjataan,
pemberian upah pada mata-mata baik muslim atau kafir yang bertugas untuk
memata-matai musuh.[19]
8.
IBNU SABIL
Mana-mana
orang dalam perjalanan bagi maksud-maksud yang diluluskan oleh syarak dari
mana-mana negeri atau negara yang memerlukan bantuan.
Ibnu Sabil
Iaitu orang-orang musafir yang dimaksudkan dengan musafir dalam konteks ini bukan sahaja orang yang sedang dalam perjalanan tetapi juga orang yang berniat untuk bermusafir.
Begitupun, musafir itu mestilah dengan tujuan bukan untuk melakukan perkara-perkara yang bertentangan dengan ajaran Islam atau maksiat.
Iaitu orang-orang musafir yang dimaksudkan dengan musafir dalam konteks ini bukan sahaja orang yang sedang dalam perjalanan tetapi juga orang yang berniat untuk bermusafir.
Begitupun, musafir itu mestilah dengan tujuan bukan untuk melakukan perkara-perkara yang bertentangan dengan ajaran Islam atau maksiat.
Orang yang terputus bekalan ( perbelanjaan ) semasa perjalanan (safar)
dan orang yang hendak memulakan perjalanan yang diharuskan oleh Syarak.
Ibnu Sabil adalah seorang
musafir yang kehabisan bekal di tengah perjalanan, sehingga dia tidak bisa
melanjutkan perjalanan atau kembali ke kampung halamannya. Orang seperti ini,
walaupun dia kaya di kampung halamannya, berhak untuk mendapatkan zakat
sekedarnya sesuai dengan kebutuhannya sehingga dia sampai tujuan.
Ibnu sabil, yaitu orang yang kehabisan bekal di perjalanan.
Yang dimaksud
di sini adalah orang asing yang tidak dapat kembali ke negerinya. Ia diberi
zakat agar ia dapat melanjutkan perjalanan ke negerinya. Namun ibnu sabil
tidaklah diberi zakat kecuali bila memenuhi syarat: (1) muslim dan bukan
termasuk ahlul bait (keluarga Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam), (2)
tidak memiliki harta pada saat itu sebagai biaya untuk kembali ke negerinya
walaupun di negerinya dia adalah orang yang berkecukupan, (3) safar yang
dilakukan bukanlah safar maksiat.[20]
Memberi Zakat untuk Kepentingan Sosial dan kepada Pak Kyai atau Guru
Ngaji
Para fuqoha
berpendapat tidak bolehnya menyerahkan zakat untuk kepentingan sosial seperti
pembangunan jalan, masjid dan jalan. Alasannya karena sarana-sarana tadi bukan
jadi milik individual dan dalam surat At Taubah ayat 60 hanya dibatasi
diberikan kepada delapan golongan tidak pada yang lainnya.
Begitu pula
tidak boleh menyerahkan zakat kepada pak Kyai atau guru ngaji kecuali jika
mereka termasuk dalam delapan golongan penerima zakat yang disebutkan dalam
surat At Taubah ayat 60.
Menyerahkan Zakat kepada Orang Muslim yang Bermaksiat dan Ahlu Bid’ah
Orang yang
menyandarkan diri pada Islam, ada beberapa golongan:
1. Muslim yang
taat dan menjalankan syariat Islam. Maka tidak meragukan lagi bahwa golongan
ini yang pantas diberikan zakat. Jadi seharusnya zakat diserahkan pada orang
yang benar-benar memperhatikan shalat dan ibadah wajib lainnya.
2. Termasuk ahlu
bid’ah dan bid’ahnya adalah bid’ah yang sifatnya kafir. Orang seperti ini tidak
boleh diberikan zakat pada dirinya. Misalnya adalah bid’ah mengakui ada nabi
ke-26.
3. Ahli bid’ah
(yang sifatnya tidak kafir) dan ahli maksiat. Jika diketahui dengan sangkaan
kuat bahwa ia akan menggunakan zakat tersebut untuk maksiat, maka tidak boleh
memberikan zakat pada orang semacam itu.[21]
Ibnu Taimiyah
rahimahullah mengatakan, “Sudah seharusnya setiap orang memperhatikan
orang-orang yang berhak mendapakan zakat dari kalangan fakir, miskin, orang
yang terlilit utang dan golongan lainnya. Seharusnya yang dipilih untuk
mendapatkan zakat adalah orang yang berpegang teguh dengan syari’at. Jika
nampak pada seseorang kebid’ahan atau kefasikan, ia pantas untuk diboikot dan
mendapatkan hukuman lainnya. Ia sudah pantas dimintai taubat. Bagaimana mungkin
ia ditolong dalam berbuat maksiat.”[22]
Berikut 7 orang yang tidak berhak menerima zakat,
Pertama, keluarga Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam (Ahlul
Bait)
Mereka tidak
boleh makan harta zakat sedikitpun berdasarkan pernyataan tegas dari Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam,
إِنَّ الصَّدَقَةَ لَا تَنْبَغِي لِآلِ مُحَمَّدٍ
إِنَّمَا هِيَ أَوْسَاخُ النَّاسِ
“Sesungguhnya zakat tidak boleh diberikan kepada keluarga Muhammad
shallallahu ‘alaihi wa sallam, zakat adalah kotoran manusia.” (HR. Muslim 1072, An-Nasai 2609, dan yang
lainnya).
Dalam riwayat
lain, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِنَّ هَذِهِ الصَّدَقَةَ، إِنَّمَا هِيَ أَوْسَاخُ
النَّاسِ، وَإِنَّهَا لَا تَحِلُّ، لِمُحَمَّدٍ وَلَا لِآلِ مُحَمَّدٍ صَلَّى
اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
“Zakat adalah kotoran harta manusia, tidak halal bagi Muhammad, tidak
pula untuk keluarga Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.” (HR. Abu Daud 2985)
Keluarga Nabi
shallallahu ‘alaihi wa sallam adalah semua keturunan bani Hasyim dan bani Abdul
Muthalib.
Kedua, orang kaya
Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
وَلَا حَظَّ فِيهَا لِغَنِيٍّ، وَلَا لِقَوِيٍّ
مُكْتَسِبٍ
“Tidak ada hak zakat untuk orang kaya, maupun orang yang masih kuat
bekerja..” (HR. Nasa’i
2598, Abu Daud 1633, dan dishahihkan Al-Albani).
Orang Kaya yang Dapat Zakat
Mereka adalah
orang kaya yang masuk dalam daftar 8 golongan penerima zakat: Amil, muallaf,
orang yang berperang, orang yang terlilit utang karena mendamaikan dua orang
yang sengketa, dan Ibnu Sabil yang memiliki harta di kampungnya.
Ibnu Qudamah
mengatakan,
من يأخذ مع الغنى خمسة؛ العامل، والمؤلف قلبه،
والغازي، والغارم لإصلاح ذات البين، وابن السبيل الذي له اليسار في بلده
Orang yang
berhak menerima zakat meskipun kaya, ada lima: Amil, muallaf, orang yang
berperang, orang yang kelilit utang karena mendamaikan sengketa, dan Ibnu Sabil
yang memiliki harta di kampungnya. (Al-Mughni, 6/486).
Ketiga, orang kafir
Ketika Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam mengutus Muadz bin Jabal ke Yaman, beliau meminta agar
Muadz mengajarkan tauhid, kemudian shalat, kemudian baru zakat. Beliau
bersabda,
فَأَعْلِمْهُمْ أَنَّ اللَّهَ افْتَرَضَ عَلَيْهِمْ
صَدَقَةً فِي أَمْوَالِهِمْ تُؤْخَذُ مِنْ أَغْنِيَائِهِمْ وَتُرَدُّ عَلَى
فُقَرَائِهِمْ
“Ajarkan kepada mereka bahwa Allah mewajibkan kepada mereka zakat harta
mereka. Diambilkan dari orang kaya mereka dan dikembalikan kepada orang miskin
mereka.” (HR. Bukhari
1395 & Muslim 19).
Yang dimaksud
‘mereka’ pada hadis di atas adalah masyarakat Yaman yang telah masuh islam.
Ibnul Mundzir
menukil adanya kesepakatan ulama bahwa orang kafir tidak boleh menerima zakat.
Beliau menegaskan,
وأجمعوا على أن لا صدقة على أهل الذمة في شيء من
أموالهم ما داموا مقيمين
“Para ulama sepakat
bahwa orang kafir dzimmi tidak berhak mendapatkan zakat sedikitpun dari harta
kaum muslimin, selama mereka mukim.” (Al-Ijma’, hlm. 49).
Meninggalkan Shalat Termasuk Kafir
Termasuk
orang kafir adalah orang yang asalnya muslim, kemudian dia melakukan pembatal
islam. Seperti meninggalkan shalat atau melakukan praktek perdukunan, ilmu
kebal, atau penyembah kuburan. Mereka tidak berhak mendapatkan zakat, meskipun
dia orang miskin.
Dikecualikan
dari aturan ini adalah orang kafir muallaf. Orang kafir yang tertarik masuk
islam, dan diharapkan bisa masuk islam setelah menerima zakat. (Al-Mausu’ah
Al-Fiqhiyah, 23/325).
Keempat, setiap orang yang wajib dinafkahi oleh muzakki (wajib zakat)
Termasuk
aturan baku terkait penerima zakat, zakat tidak boleh diberikan kepada orang
yang wajib dinafkahi oleh muzakki (wajib zakat). Seperti istri, anak dan
seterusnya ke bawah atau orang tua dan seterusnya ke atas. (Al-Mausu’ah
Al-Fiqhiyah, 23/326).
Zakat kepada
anak atau orang tua yang tidak mampu, atau kepada orang yang wajib dia nafkahi,
akan menggugurkan kebutuhan nafkah mereka. Sehingga ada sebagian manfaat zakat
yang kembali kepada Muzakki.
No comments:
Post a Comment